5 Langkah Menjadi Blogger

Mempunyai sebuah akun blog merupakan kebanggaan tersendiri bagi sejumlah orang. Saya pun merasakan hal yang sama. Saya mulai mengenal blogger saat duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama, baca selengkapnya di sini.

Banyak tugas yang mengharuskan saya dan teman-teman mencari referensi di internet. Berawal dari situlah saya mulai mengenal blog-blog yang menyediakan beragam artikel dan informasi.



Apakah kamu ingin berbagi manfaat dan kebaikan melalui blog? Tertarik jadi blogger? Mulailah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.     

1. Buat Nama Domain
Di kelas blogger Semut saya mendapat informasi bahwa nama domain merupakan brand bagi seorang blogger. Oleh karenanya buatlah nama domain yang mudah diingat dan singkat. Kemudian pastikan nama domain tidak lebih dari dua kata. Bila perlu buatlah nama domain yang memiliki cirikhas atau unik.

Nah, setelah membuat nama domain, sesuaikan dengan bahasan blog. Jika nama blogmu ‘elektronik.com’ maka isi blog juga memuat seputar elektronik. Sama halnya dengan contoh yang saya dapatkan di kelas blogger yaitu: sandibrand.com blog yang khusus membahas tentang brand dan Mbolang.com blog yang bahas tentang catatan perjalanan sang blogger.

Yuk, sekarang giliranmu menentukan nama domain. J

2. Isi Blog
Langkah kedua, membuat mind map mengenai topik apa saja yang nanti ada di blogmu. Kata guru blogger saya sih punya blog dua yang di dalamnya ada pembahasan khusus dan campuran.

Khusus artinya blog yang berfokus pada satu topik atau dua topik yang berkaitan misalnya travel dengan fotografi, travel dengan review hotel atau review resto.

Saya sendiri berencana membuat blog khusus. Blog ini sendiri saya desain sedemikian rupa supaya memuat banyak topik alias campuran. Sehingga pada blog saya ini teman-teman akan menemukan banyak topik. Hehe. 

3. Tentukan Penyedia Layanan Blogging
Beragam layanan penyedia blog seperti wordpress, blogspot, kompasiana-tumblr yang bisa kamu gunakan. Pilihlah sesuai HANUKA (Hati Nurani Kamu) Ciehh.

4.Tentukan Tujuan Pembuatan Blog
Well, hidup tidak terlepas dari rencana dan tujuan. Rencana tanpa tujuan seperti mendaki gunung dengan peralatan lengkap tapi nggak punya peta. Kamu mungkin akan sampai tapi nyasar dulu, beda dengan orang yang telat mendaki tapi punya peta, punya tujuan yang jelas, terarah, orang itulah yang bakal sampai duluan.

Sebaliknya, tujuan tanpa perencanaan yang baik ibarat mendaki gunung dengan peta, jelas, terarah, tapi lupa bawa pakaian hangat, lupa pula bawa makanan. Yang ada, kita malah mati kedinginan atau mati kelaparan sebelum sampai ke tujuan.

Sekarang, buatlah tujuanmu membuat blog. Semangat!

5. Segera Beraksi!
‘Segera aksi jangan ditunda’
Langkah-langkah sebelumnya tidak berarti apa-apa tanpa tindakan, right?

SELAMAT MENCOBA J
Senyum~
 



Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Wuih, pak guru Sandi tau saja kalo sy sudah ngepost. :D

Balas